Batik Semanggi, Simbol Terkini Jakarta Berakhir Monas

Batik Semanggi, Simbol Terkini Jakarta Berakhir Monas

Batik sering jadi bukti diri yang merepresentasikan suatu kota, tercantum Jakarta. Bila tadinya, batik Jakarta sering diidentikkan dengan corak Tugu Nasional( Monas), saat ini timbul corak terkini yang dikira bisa jadi simbol Jakarta selanjutnya ialah Semanggi.

Batik Semanggi setelah itu beliau diucap Happy Farida, istri Eksekutif Kewajiban( Plt) Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat, beranjak dari penentuan corak yang didasarkan pada pembangunan Simpang Pangkat Semanggi yang jadi simbol terkini buat Jakarta.

Simpang pangkat Semanggi memanglah direncanakan bagaikan simbol kedua ibukota sehabis Monas.

Opsi REDAKSI

Banyak Dusun Darmawisata Berlatih dari Dusun Darmawisata Bleberan

Istri raja Swedia Harapkan Batik Indonesia Terus menjadi Berkembang

Semenjak Era Purba Indonesia merupakan Area Pedaran Budaya

Bukan saja suka dengan kedatangan batik catat itu, Happy pula mengunakannya dikala menyongsong kehadiran Istri raja Swedia Silvia ke kegiatan Jakarta Creative Hub yang diselenggarakan Femina Group, Selasa( 23 atau 5).

Pakaian pink yang dikenakan Happy menunjukkan corak bunga semanggi, serta pula beberapa garis yang melukiskan wujud jalur diiringi dengan halaman kota yang menawan. Happy juga nampak ayu dengan batik yang dinobatkan oleh pendesain Chitra Subyakto itu.

Kerutinan Happy memakai batik dikala di Blitar tidak buatnya kelu serta aneh. Ia juga berterus terang mempunyai banyak koleksi batik sampai sarung batik yang telah disimpannya sampai 15 tahun.

“ Ini( batik) Semanggi, idenya dari Simpang Pangkat Semanggi. Jika dahulu batik Jakarta umumnya bermotif ondel- ondel, Monas, saat ini kita memiliki suatu yang dapat dinaikan ialah simpang pangkat Semanggi serta jadi kriteria warga DKI Jakarta. Tujuan pembangunannya kan buat kurangi kemacetan,” ucapnya pada CNNIndonesia. com di Graha Panin Thamrin, Jakarta Pusat.

Batik Semanggi, Simbol Terkini Jakarta Berakhir Monas Happy Farida, istri Eksekutif Kewajiban( Plt) Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat dalam bungkusan pakaian corak Batik Semanggi.( Gambar: CNN Indonesia atau Gloria Safira Taylor)

Simpang pangkat Semanggi yang diartikan merupakan pembangunan jembatan yang dapat dipakai oleh juru mudi dari arah Cawang buat mengarah arah Bundarah HI serta juru mudi dari Grogol mengarah ke Gulungan Meter. Tujuannya, buat menanggulangi kemacetan sampai 30 persen. Semacam namanya, pembangunan itu membuat 4 jembatan yang menyamai daun semanggi.

Simbol Semanggi

Semanggi ialah tumbuhan merambat yang hidup di belukar, berdaun beragam serta lazim ditemui dekat perairan. Keempat daunnya itu diucap menandakan impian, cinta, keberhasilan serta keyakinan.

Tidak hanya itu, batik semanggi itu diolah oleh para wanita di rumah pangkat Marunda. Perihal itu memanglah jadi salah satu program dari Badan Kerajinan Nasional Wilayah Provinsi DKI Jakarta.

“ Kita mengaitkan sahabat pendesain yang telah memiliki julukan buat dapat turun serta melatih dan menolong ibu- ibu ini menjual produk itu. Dikala ini memanglah telah berjalan serta berambisi terdapat kelanjutannya alhasil bisa menolong wanita dapat mandiri,” tuturnya.

Batik Semanggi, Simbol Terkini Jakarta Berakhir Monas Batik Semanggi dalam macam corak serta corak.( Gambar: CNN Indonesia atau Gloria Safira Taylor)

Batik semanggi tidak cuma bercorak pink semacam yang dipakai oleh Happy. Corak kain buat batik semanggi itu juga ada gelap, biru donker serta merah. Karakteristik khasnya juga senantiasa terdapat pada tiap pahatan semanggi yang bercorak putih pada kepingan kain itu.

Para wanita di rusun itu juga dilatih sepanjang kurang lebih 6 bulan. Tidak cuma semanggi, mereka juga membuat batik dengan corak rusun Marunda serta bunga flamboyan.

Tidak hanya rusun Marunda, aktivitas membuat batik itu juga dicoba oleh para wanita di rusun Rawa Angsa. Tidak bingung bila kesimpulannya banyak yang mengatakan rusun- rusun itu bagaikan rusun batik.

Tetapi, corak yang terbuat bukan lagi semanggi namun, tumbuhan genjer benci. Tumbuhan yang hidup di air itu mempunyai daun tunggal serta berupa bulat panjang.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *