Mencari Style Terkini Kerawang Kudus

batikmitra.com – Bersih, kabupaten di rute tepi laut timur laut Jawa Tengah, bukan hanya populer pertanyaan kretek serta batik atau jenang, melainkan pula metode kerawang.

Apabila umumnya kerawang Bersih diketahui buat kebaya serta rukuh, 4 pendesain Jakarta berupaya mencari style terkini untuk kerawang konvensional ini.

4 pendesain itu merupakan Rudy Chandra, Ariy Arka, Defrico Audy, dan Ivan Gunawan. Keempatnya direkrut Penguasa Kabupaten Bersih buat membagikan angin fresh untuk pabrik kerajinan kerawang yang terdapat semenjak 1970- an itu.

Keempat pendesain itu juga menghasilkan koleksi hasil merombak kerawang Bersih dalam tema Savana Muria di malam penutupan Indonesia Fashon Week( IFW) 2017, Minggu( 5 atau 2), di Jakarta Convention Center( JCC).

Salah satu koleksi Defrico Audy yang memakai kerawang Bersih serta berjudul alam kabupaten itu. Salah satu koleksi Defrico Audy yang memakai kerawang Bersih serta berjudul alam kabupaten itu.( CNN Indonesia atau Andry Novelino)

” Kita diutus ayah Bupati Bersih( Musthofa) buat menggarap kerawang Bersih ini, tiap- tiap dari kita bekerja sama dengan pengrajin kerawang di Bersih sepanjang 2 bulan,” tutur Ivan dikala ditemui di arena IFW.

” Kita mau kerawang ini jadi berlainan, bukan semata- mata kebaya encim, tutup cangkir, serta lain yang simpel,”

Tidak hanya Tasikmalaya, pabrik kerajinan kerawang pula gempar di Bersih, apalagi semenjak 40 tahun kemudian. Mayoritas pengrajin kerawang di Bersih memakai metode buku petunjuk.

Koleksi Ivan Gunawan yang pula memakai kerawang Bersih dalam tema Savana Muria di IFW 2017. Koleksi Ivan Gunawan yang pula memakai kerawang Bersih dalam tema Savana Muria di IFW 2017.( CNN Indonesia atau Andry Novelino)

Metode buku petunjuk itu membuat usaha pembuatan produk jadi lama, dekat 2 sampai sebagian bulan. Serta umumnya, kerawang ini ditemui buat kebaya encim, rukuh ataupun busana doa, sampai perlengkapan rumah tangga semacam tutup serta dasar cangkir.

Tetapi dalam gubahan 4 pendesain laki- laki ini, kerawang Bersih bukan cuma nampak terbebas dari opini kerawang rukuh serta perlengkapan rumah tangga, tetapi berkesan modern dengan gesekan perasaan rasa versi kota besar.

Artikel terkait: pabrik batik

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *