Pilih Mana, Batik Tulis, Batik Cap atau Batik Printing untuk Membuat Kemeja Batik anda

Kemeja batik merupakan busana yang bisa dipakai dicara resmi ataupun juga sangat pantas sebagai busana kerja. Pemakaiannya bisa dikenakan oleh Pria maupun wanita. Sebenarnya batik tak hanya bisa dibuat menjadi kemeja saja tetapi juga bisa dibuat menjadi rok, dan gaun. Lagi pula, awal awal pemakaian batik di zaman dahulu hanya dipakai sebagai kain jarit yang dililitkan di bagian tubuh bawah saja.

Di pusat perbelanjaan batik, konsumen akan dimanjakan dengan berbagai pilihan batik yang sangat beragam corak motifnya serta warnanya. Jika membeli batik, ada tiga pilihan utama untuk jenis kain batiknya yaitu batik tulis, batik cap, dan juga batik printing. Dari masing masing jenis batik ini sangatlah mudah dibedakan satu sama lainnya karena memang dijual dengan harga yang sangat jauh perbedaannya.

Batik tulis – batik ini memang menduduki kasta tertinggi di perdagangan baju batik. Hal ini karena harga kain batik per meternya bisa mencapai ratusan ribu dan bahkan bisa mencapai jutaaan rupiah tergantung dari kerumitan motifnya. Batik ini biasanya akan mudah dikenali dari tampilannya berupa garis garis atau bentuk bentuk pola yang jelas berbeda ukurannya antara satu dengan lainnya karena cara pembuatannya yang handmade. Proses pembuatan yang handmade inilah yang tentunya memerlukan waktu yang lama sehingga mempengaruhi harga jualnya.

Biasanya baju batik tulis digemari oleh para pejabat dan orang orang kaya. Bisa jadi karena keuangan mereka mampu digunakan untuk membeli busana mahal ini ataupun juga mereka membeli batik tulis untuk kepentingan prestise. Bagaimanapun juga batik tulis ini memang sebuah karya seni diatas kain yang serupa dengan lukisan lukisan yang nilai dan harganya sangat tinggi.

Batik Cap – pilihan membuat kemeja batik yang kedua adalah menggunakan batik cap. Sebenarnya proses membuat batik cap hampir serupa dengan batik tulis namun bedanya yaitu batik cap dibuat dengan proses stampel atau dengan alat cap. Pola – pola pada motif batik cap seragam ukurannya, lebih detil dan lebih rapi. Karena proses pembuatannya yang lebih cepat, maka harga kain batik cap dibanderol jauh lebih murah dibandingkan batik tulis.

Membuat kemeja batik dengan batik cap adalah alternative membuat baju batik dengan harga yang relatif terjangkau. Hanya dengan budged antara seratus sampai 3 ratus ribu saja, seseorang sudah bisa memperoleh kain batik cap yang cukup untuk membuat satu kemeja batik.

Batik printing – alternative untuk membuat kemeja batik dengan biaya termurah adalah dengan menggunakan batik printing. Batik printing sebenarnya adalah textile yang diprint dengan motif batik. Proses printing bisa dengan cara sablon manual ataupun juga dengan mesin digital printing. Proses pembuatan batik printing ini bisa sangat cepat, hasilnya bisa banyak dalam sekali waktu sehingga harganya bisa sangat murah. Untuk per meter batik printing, seseorang bisa membelinya dengan harga antara 25 ribu sampai 50 ribu rupiah saja.

Batik printing memiliki motif yang bagus dengan bentuk bentuk pola yang detil dan rapi. Selain itu warnanya juga banyak kombinasinya sehingga juga sangat bagus untuk digunakan sebagai bahan untuk membuat kemeja batik yang elegan.

Mau pilih batik tulis, batik cap, ataupun juga batik printing semua itu tergantung selera dan kemampuan berbelanja. Yang pasti batik tetap menjadi primadona untuk berbusana yang bagus dan mencerminkan nilai seni luhur budaya Indonesia.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *