Sebagai Pendiri, Anda Juga Harus Menjadi Wajah Perusahaan Anda

Sebagai Pendiri, Anda Juga Harus Menjadi Wajah Perusahaan Anda

Sebagai pendiri bisnis, Anda pasti memakai banyak topi. Dan tidak semuanya cocok untuk Anda, tapi tidak apa-apa. Tentu saja, Anda memainkan peran penting dalam mengembangkan produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan Anda. Inilah sebabnya mengapa Anda memulai bisnis di tempat pertama, dan sebagai sesuatu yang Anda sukai, biasanya menjadi mudah.

Terkait: 7 Cara untuk Menentukan Siapa di Tim Anda yang Dapat Berbicara untuk Perusahaan

Menjalankan seluruh perusahaan adalah masalah yang berbeda, dan menangani masalah SDM, hukum, keuangan, dan operasional lainnya tidak terjadi secara alami kepada semua pengusaha. Tapi ini adalah sesuatu yang bisa Anda bantu, seperti ketika Mark Zuckerberg mempekerjakan Sheryl Sandberg sebagai chief operating officer Facebook.

Peran vital lain dari seorang pendiri adalah menjadi juru bicara untuk merek tersebut. Sekali lagi, ini tidak selalu sesuatu yang mudah didapat orang. Tetapi, tidak seperti menjalankan perusahaan, jauh lebih sulit untuk melakukan outsourcing secara efektif.

Pendiri atau CEO perusahaan adalah alat pemasaran yang penting. Pemimpin bisnis apa pun paling baik ditempatkan untuk menjadi promotor dan juru bicara utamanya, sehingga tidak mengherankan bahwa seperempat CEO memiliki latar belakang pemasaran.

Anda mungkin belum memiliki keterampilan atau pengalaman yang tepat untuk melakukannya dengan baik. Ini mungkin bukan peran yang Anda sukai, tetapi di sini ada tiga alasan mengapa sebagai pendiri atau CEO, Anda harus dapat menjadi wajah publik dari bisnis Anda.

  1. Pelanggan terbaik Anda membeli visi Anda.
    Pada 1990-an, Dyson memasuki pasar peralatan rumah tangga dengan penyedot debu baru yang kuat yang jauh lebih mahal daripada merek lain. Pendiri perusahaan, James Dyson, ditampilkan dalam iklan televisi di mana ia dengan rajin menjelaskan teknologi yang membuat produknya unggul secara unik.

Saat ini, Dyson adalah bisnis bernilai miliaran dolar yang terus menjadikan dirinya sebagai perusahaan desain inovatif yang dipimpin oleh penemu yang mengganggu. Menjadi lebih dari sekedar produsen alat rumah tangga menarik bagi pelanggan yang bersedia membayar lebih untuk produk premium. Bahkan ketika Dyson menyatakan bahwa kata “branding” dilarang di Dyson, itu adalah branding yang hebat. Dia menggunakan posisinya sebagai juru bicara merek untuk memberi tahu pelanggan bahwa perusahaan itu benar-benar berfokus pada produk.

Saya berbicara banyak tentang misi kami menjadikan Amerika lebih sehat. Pelanggan terbaik kami adalah mereka yang menyukai apa yang saya katakan dan juga memikirkan apa yang mereka minum atau gosokkan ke kulit mereka. Beberapa penggemar setia ini adalah pelanggan reguler yang hampir secara eksklusif meminum air petunjuk.

Terkait: Apa Artinya Menjadi Duta Merek yang Baik?

  1. Anda dapat mewakili target pelanggan Anda.
    Michelle Phan menerbitkan video instruksi rias wajah populer di YouTube ketika dia menemukan ide bisnis yang dia tahu akan disukai pendengarnya. Itu adalah layanan berlangganan murah bernama Ipsy yang akan memberikan sampel produk makeup premium bersama dengan video instruksional tentang cara menggunakannya.

Phan tahu itu adalah ide yang bagus karena sebagai seseorang yang menikmati ide-ide makeup kreatif tetapi tidak selalu mampu membeli produk dengan harga penuh terbaik, dia adalah target pelanggannya sendiri. Pada saat dia meninggalkan Ipsy untuk memulai bisnis baru, perusahaan memiliki 3 juta pelanggan.

Saya juga memulai bisnis saya untuk memecahkan masalah pribadi. Saya memutuskan untuk memotong soda gula dari diet saya untuk menjadi lebih sehat, tetapi saya ingin alternatif yang lebih enak daripada hanya minum air, jadi saya datang dengan petunjuk. Hari ini, saya masih berbagi keprihatinan yang sama dengan pelanggan kami tentang bagaimana keluarga saya dan saya tetap sehat. Saya juga tahu bahwa layanan berlangganan untuk produk kami akan berguna bagi orang tua yang sibuk bekerja seperti saya.

Terkait: Karyawan Adalah Suara Perusahaan Anda

  1. Anda akan menjangkau pemirsa baru.
    Saya cukup beruntung diundang untuk menghadiri dan berbicara di konferensi, acara dan makan malam di seluruh negeri dan dunia. Banyak yang tidak terkait dengan industri minuman, juga tidak berfokus pada masalah kesehatan. Bahkan, mereka sering membahas tentang startup dan wanita dalam bisnis karena menjadi wirausaha adalah topik lain yang sangat saya vokal.

Pada acara-acara ini, saya menceritakan tentang bagaimana saya memulai bisnis saya kepada orang-orang yang mungkin tidak terlalu memikirkan masalah kesehatan yang saya ajukan. Baru terekspos pada masalah yang terkait dengan soda diet manis dan produk kami yang menawarkan solusi sederhana, kami sering kali membuat pelanggan baru bersemangat pada akhir pembicaraan saya.

Di satu acara, saya berbicara dengan Jamie Dimon, CEO JP Morgan, tentang petunjuk. Sekarang perusahaannya menyimpan produk kami di kantornya. Saya tidak akan pernah menargetkan bank investasi multinasional sebagai pelanggan tipikal, tetapi dengan menempatkan diri saya di sana sebagai juru bicara untuk merek saya, saya dapat menjangkau audiens yang baru dan tidak terduga.

Terkait: 5 Pertimbangan Saat Mencari Selebriti untuk Mendukung Merek Anda

Satu merek, banyak suara
Memanfaatkan pendiri sebagai juru bicara sangat berharga untuk mengomunikasikan cerita dan misi merek dengan cara yang benar-benar terhubung dengan orang-orang, tetapi itu tidak berarti Anda harus menjadi satu-satunya wajah yang terkait dengan merek Anda.

author : pabrik kain batik

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *